Senin, 09 Juli 2012

Fungsi-fungsi SIG pada ArcView


Fungsi Project
Projek merupakan suatu unit organisasi tertinggi di dalam Arcview, yang digunakan untuk menyimpan, mengelompokkan dan mengorganisasikan semua komponen-komponen program (view, theme, table, chart, script). Sebuah projek merupakan kumpulan windows dan dokumen yang dapat diaktifkan dan ditampilkan selama bekerja dengan Arcview.

Fungsi View
Pada dokumen ini dapat dilakukan pengerjaan data geografis yang berupa peta, data tersebut antara lain adalah digitasi, zooming, menambah/menghilangkan tema, perubahan skala (Pada dokumen ini juga biasanya juga dapat dilihat pada GUI yang berisi menu, buttons, dan tools untuk dokumen view.

Fungsi Tabular

Dokumen ini tempat dilakukan antara lain input data atribut, perhitungan data serta pemilihan data menggunakan data tabular. Tabel yang tampil adalah tabel dari tema yang aktif pada dokumen view yang dipilih.Tables merupakan representasi data Arcview dalam bentuk sebuah tabel. Sebuah tabel akan berisi informasi deskriptif mengenai layer tertentu. Setiap baris data (record) mendefinisikan sebuah entry (misalnya informasi mengenai salah satu polygon baik batas administrasi maupun poligon batas tata guna lahan (landuse) di dalam basis data spasial-nya; setiap kolom (field) mendefinisikan atribut atau karakteristik dari entry (misalnya nama, keterangan, luas, panjang, keliling suatu lokasi atau suatu data) yang bersangkutan.

Fungsi Layout
Dokumen Layout merupakan tampilan grafis dari tema aktif dari dokumen ’view’ terpilih yang siap untuk dicetak. Dokumen layouts digunakan untuk menggabungkan semua dokumen yang aktif ke dalam suatu dokumen yang siap untuk dicetak (biasanya untk pembuatan hardcopy). Pada dokumen Layout juga pengguna dapat menambahkan komponen-komponen yang biasanya ada pada sebuah peta seperti simbol obyek, skala, arah mata angin, grid koordinat dsb.

Fungsi Grafik atau Chart
Charts merupakan representasi grafis dari resume tabel data. Chart juga biasanya merupakan hasil suatu query terhadap suatu tabel data. Bentuk Chart yang didukung oleh Arcview adalah line, bar, colum, xy scatter, area, pie.







Tidak ada komentar:

Poskan Komentar