Minggu, 08 Juli 2012

RADARSAT


Pengenalan RADARSAT

          RADARSAT adalah sistem satelit observasi Bumi yang canggih, dikembangkan oleh Kanada, untuk memantau perubahan lingkungan dan untuk mendukung kelestarian sumber daya. Dengan peluncuran RADARSAT-1 pada November 1995, Kanada dan dunia memiliki akses penuh ke operasional pertama sistem satelit radar sipil yang mampu memproduksi dalam skala besar dan pengiriman data tepat waktu. Data dari satelit dapat memenuhi kebutuhan komersial, program pemerintah dan ilmiah serta menyediakan sumber baru yang dapat diandalkan dengan data radar berkualitas tinggi.
          Program RADARSAT dipimpin oleh Canadian Space Agency (CSA), dibangun di atas prestasi sejarah dalam penginderaan jauh oleh Canada Center Of Remote Sensing (CCRS). Dengan kreasinya pada tahun 1989, CSA mengambil alih pelaksanaan dan pengoperasian proyek RADARSAT sebagai komponen kunci dari program luar angkasa Kanada. CCRS terus berpartisipasi dalam program RADARSAT dengan mengoperasikan dua stasiun penerima RADARSAT yang terletak di Prince Albert, Saskatchewan dan Gatineau, Quebec, dan melakukan penelitian aplikasi.


Deskripsi RADARSAT
         
          RADARSAT tidak memiliki keterbatasan. RADARSAT-1 mengelilingi Bumi di ketinggian 798 kilometer dengan kemiringan 98,6 derajat ke khatulistiwa. Karena RADARSAT memiliki orbit sun synchronous, solar array hampir terus menerus terkena sinar matahari, memungkinkan untuk lebih mengandalkan tenaga matahari daripada daya baterai. Orbit sun synchronous juga berarti bahwa satelit selalu di waktu yang sama dengan waktu lokal. RADARSAT-1 menawarkan pengguna berbagai pilihan sinar. SAR memiliki kemampuan unik untuk membentuk dan mengarahkan sinar dari sudut 10 sampai 60 derajat, di petak 45 sampai 500 kilometer, dengan resolusi berkisar 8-100 metres. RADARSAT-1 mengcover Kutub Utara dan sebagian besar dari Kanada setiap tiga hari, tergantung pada petak yang dipilih. Data di-download secara real time atau disimpan pada tape recorder kapal sampai pesawat ruang angkasa berada dalam jangkauan stasiun penerima. 
          Data RADARSAT yang diterima di stasiun bumi di Kanada dioperasikan oleh Canada Center Of Remote Sensing. Kemampuan penerimaan data tambahan disediakan melalui stasiun penerima jaringan internasional. Data tersedia untuk pengguna dalam waktu empat jam setelah diperoleh. RADARSAT International (RSI), adalah sebuah perusahaan swasta Kanada, didirikan pada tahun 1989 untuk proses memasarkan dan mendistribusikan data RADARSAT-1. RSI membayar royalti kepada CSA untuk penjualan komersial data RADARSAT-1, yang digunakan untuk mendukung operasi satelit selama lima tahun waktu satelit. RSI juga mengelola Canadian Data Processing Facility di Gatineau, Quebec dan mempromosikan pengembangan aplikasi data komersial. 

1 komentar:

  1. Usul dilengkapi dengan resolusi spektral,resolusi spasial beserta kegunaannya .

    BalasHapus